Manajemen sebagai ilmu pengetahuan yang secara
sistematika digunakan memahaami mengapa dan bagai mana manusia bekerja sama
untuk mencapai tujuan dan membuat system kerja sama ini lebih befrmanfaat bagi kemanusiaan.
Menurut Joseph
A. Devito, An Introduction, To Study off Comunication, 1990 yang dikutip oleh
Onong Uchjana definisi komunikasi yaitu:
1.
Komunikasi massa adalah “komunikasi yang ditunjukan kepada
khalayak, tapi tapi tidak meliputi seluruh penduduk”
·
Hanya pembaca atau penonton televisi.
2.
Komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan oleh pemancar
audio atau audio visual
·
Radio, televisi dan surat
kabar dsb.
Ciri-ciri dan sifat media massa:
a.
Publikasi, untuk khalayak
b.
Universal, umum
c.
Periodik, berkala berkesinambungan
d.
Aktual, dapat dipertanggung jawabkan
e.
Harus dapat memenuhi criteria dan aturan yang ada, diperlukan pengetahuan
untuk mencerna norma yang berlaku.
Fungsi media:
a.
Propaganda kegiatan sosial kemasyarakatan, p[ada keadaan tertentu
b.
Mengatur dengan sajian entertain
c.
Memberikan layanan konsultasi, dan bantuan perjuangan hak
d.
Membutuhkan pengetahuan memadai saat meraelsasikan gagasan maupun ide
Manmajemen Sebagai Seni
Follet
beranggapan manajemen adalah sebuah seni. Pemimpinan memerluksn karisma,
stabilitas, emosi, kewibawaan, kejujuran, kemampuan menjalin hubungan antar
manusia, yang semaunya itu banyak ditentukan oleh bKt seseorang dan sulit
dipelajari.
Seorang manajer
harus berkepribadian, punya kematangan jiwa, serta mampu membangun emosi komunitasnya. Dalam keredaksian, selain
leadership dibutuhkan sentuhan seni dalam merealisasikan program, sebab ide
kreatif inovatif sangat menentukan apakah program sesuai trend yang sedang
berlangsung. Kreatifitas yang harus dimiliki yaitu kreatifitas dalam membuat
Angle berita, kreatifitas membuat gambar, kreatifitas membuat naskah, dan
kekuatan riset.
Manajemen sebagai Profesi
Edgar H. Schein menguraikan kriteria untuk menentukan sesuatu
sebagai profesi:
1.
Para profesional membuat keputusan atas prinsip-prinsip umum, pendidikan,
program-program latihan formal menunjukan ada prinsip-prinsip manajemen yang
dapat diandalkan.
2.
Pra professional mendapatkan sesuatu tertentu, bukan karena
favoritisme, suku, atau agama dan kriteria politik atau social budaya.
3.
Para profesional harus
ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat, dengan disiplin untuk mereka yang
menjadi klien.
Produksi
Program
Yang harus
diperhatikan dalam produksi program
yaitu:
1.
Analisa khalayak
2.
Analisa materi
3.
Pemilihan media
4.
Evaluasi
5.
Bagaimana mengemas pesan secara menarik dan informative
6.
Program TV kita saat ini “berselera rendah” kontra produktif, bukan
ide orisinil.
7.
Program tv jangan ikut-ikutan, mengepose masalah tidak bernilai
Konsep Program
Berita yaitu Berita harus informatif,
kepestian, hal yang baru (akurat),
Konsep program:
berita-berita yang ditampilkan harus membelajarkan, menginspirasi, dan menyemangati.
Kandungan
Media Massa
Di dalam media
massa terdapat unsur pendidikan, hiburan dan kampenye dalam arti yang luas.
Karena itu media massa perlu rambu-rambu berupa kode etik media, karena selain
dampak positif dan kontruktif, media juga mengandung bahaya nehatif dan
destrukt6if yang tidak ringan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar