Minggu, 21 April 2013

Pengertian Media Cetak dan Elektronik



           Berita adalah laporan tentang suatu kejadian yang baru atau keterangan yang terbaru, tentang suatu peristiwa, fakta yang menarik perhatian atau gagasan yang perlu disampaikan kepada khalayak memlalui media massa. Dalam kegiatan penyiaran, berita merupakan salah satu program siaran faktual diantara sekian bentuk isi siaran yang disiarkan.
            Media elektronik menarik khalayaknya memberikan perhatian secara penuh karena apa yang disiarkannya tidak diulang. Media elektronik sejak awal sudah bersifat demokratis dengan khalayak masyrakat luas secara keseluruhan, bukan kalangan tertentu saja.  Media cetak merupakan suatu media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pesan dari lembaran kertas dengan sejumlah kata, gambar atau foto dan halaman hitam-putih. Media cetak merupakan dokumen kehidupan atau rekaman peristiwa yang ditangkap oleh jurnalis dan diubah dalam bentuk kata-kata, gambar, foto, dan sebagainya.
            Media elektronik sangat dinamis, mempunyai peran yang besar dan luas sekali sebagai alat penyampaian informasi maupun sebagai alat komunikasi. Televisi dan radio hampir tersebar merata ke seluruh nusantara di pelosok pedesaan, dan wilayah terpencil. Dalam perkembangannya, media elektronik bukan merupakan  kebutuhan sekunder melainkan kebutuhan primer. Dengan demikian ini merupakan tantangan bagi media cetak untuk dapat bertahan pada era digital, tapi sesungguhnya masing-masing media sudah menguasai segment tinggal mempertahankan kreasinya.


Persaingan Media Cetak dan Elektronik
            
             Media elektronik khususnya televisi tidak menganggap adanya sebuah persaingan antara media cetak dan media elektronik, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan juga memeliki konsumennya masing-masing. Saat ini yang terjadi adalah media elektronik tidak menjadikan media cetak sebagai saingan bisnis, melainkan untuk dijadikan partner. Untuk menambahkan cakupan masyarakat dan mempromosikan berbagai acara-acara maupun berita yang akan ditayangkan di televisi atau sebaliknya  Headline media cetak dipromosikan melalui mdia elektronik. Media cetak tidak perlu khawatir dengan maraknya media elektronik saat ini, karena masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih mendapatkan berita lewat media cetak.

18 komentar: