Rabu, 22 Agustus 2012

Ini dia 10 Tips membuat CV


      Curriculum vitae (CV) atau resume akan mewakili siapa Anda dan amat penting untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Jadi, CV harus disusun dan ditulis dengan sempurna.

Ketika duduk untuk menulis CV, tempatkan diri Anda sebagai orang yang hendak membaca CV. Jangan menggunakan format yang sama untuk setiap jenis pekerjaan yang Anda lamar. Mengubah sedikit format amat dianjurkan.

Berikut adalah 10 tips penting membuat CV yang sempurna:

1. Pertama, baca profil lowongan pekerjaan dengan hati-hati. Pelajari posisi yang hendak Anda lamar.

2. Tentukan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman macam apa yang sesuai dengan lowongan pekerjaan tersebut.

3. Buat daftar mengenai kualifikasi dan pengalaman yang akan menunjukkan bahwa Anda adalah calon yang cocok untuk posisi tersebut.

4. Ingat pula prestasi masa lalu yang berkaitan dengan pekerjaan yang hendak Anda lamar. Buktikan bahwa Anda cocok untuk memikul tanggung jawab tersebut.



5. Sertakan dalam CV tabel daftar pengalaman kerja yang Anda punyai dalam urutan kronologis. Mulailah dengan yang paling baru. Sertakan pengalaman kerja saat masih mahasiswa ataupun kerja magang.

6. Masukkan kualifikasi pendidikan terutama yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

7. Masukkan pengalaman organisasi semasa masih sekolah atau kuliah. Aktif dalam organisasi akan memberikan nilai lebih bagi Anda.

8. Pastikan bahwa format resume konsisten baik mengikuti format kronologis atau fungsional.

9. Jangan lupa cantumkan tujuan karier dan bagaimana Anda dapat berkontribusi terhadap perusahaan yang Anda lamar.

10. Curriculum vitae (CV) yang sempurna akan memberikan kesan awal yang sempurna pula. CV harus dapat mewakili diri Anda secara lengkap tanpa harus bertele-tele.
Redaktur: Endah Hapsari
Sumber: oketips.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar