Rabu, 19 September 2012

Sempitnya Jalan Pesanggrahan di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Jalan merupakan tempat lalu lintas umum yang dapat dilalui manusia dengan berjalan kaki ataupun dengan berbagai jenis kendaraan yang dibawanya. Ketika suatu jalan dapat digunakan dengan nyaman oleh penggunanya, tentu saja keadaan seperti ini akan sangat memberikan dampak kenyamanan bagi pengguna jalan tersebut. Namun berbeda halnya ketika suatu jalan tidak dapat digunakan dengan nyaman oleh penggunanya, sudah pasti keadaan seperti ini akan sangat memberikan dampak ketidaknyamanan bagi pengguna jalan tersebut.

Jika kita berkunjung ke kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau biasa disebut UIN Jakarta, kita akan menemukan suatu jalan sempit dan ramai yang bernama jalan pesanggrahan. Jalan pesanggrahan merupakan jalan yang sering dilalui dan dipadati oleh mahasiswa UIN Jakarta. Disana kita dapat menemukan berbagai macam jenis kebutuhan mahasiswa seperti kantin-katin yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman, alat-alat tulis, buku-buku, alat-alat komputer, tempat-tempat fotokopi dan warnet-warnet pun tidak ketinggalan, semuanya tersedia dengan harga yang murah dan pilihan yang banyak, khusunya murah bagi ukuran kantong mahasiswa. Namun yang jadi persoalan dalam hal ini adalah dampak dari semua yang disebutkan diatas tadi. Penyempitan jalan ini
disebabkan oleh keramaian para pedagang dan pengusaha yang terlalu banyak berada disekitar jalan itu yang justrunya berdampak juga pada padatnya mahasiswa yang datang. Dampaknya pun jelas terlihat ketika ada kendaraan yang lewat dijalan itu, baik itu mobil ataupun motor. Dan jika masalah ini dibiarkan begitu saja, lambat laun jalan ini akan semakin sempit lagi dan akhirnya bisa saja memicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari uraian ditas seharusnya ada solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini agar masalah ini tidak terlalu larut dan cepat selesai sesuai harapan. Misalnya dengan ditertibkannya para pedagang dan pengusaha yang berada di jalan itu dengan memindahkannya kedalam kios-kios yang sudah disediakan atau ketempat lain. Jadi para pedagang dan pengusaha itu tidak harus berada di jalan itu. Dan alangkah baiknya lagi jika nantinya dibuatkan tempat baru untuk mendukung aktifitas para pedagang dan pengusaha itu kearah yang lebih baik lagi, agar semua pengguna jalan itu merasa nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar