Minggu, 21 April 2013

Kunci Keberhasilan Dakwah dan Evaluasi Dakwah


Islam adalah agama dakwah. Yaitu agama yang menugaskan ummatnya untuk menyebarkan dan menyiarkan Islam kepada seluruh ummat manusia. Sebagai rahmat bagi seluruh alam, Islam dapat menjamin terwujudnya kebahagiaan dan kesejahteraan umat manusia, bilamana ajaran Islam yang mnecangkup segenap aspek kehidupan itu dijadikan sebagai pedoman hidup dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.
Usaha untuk menyebarluaskan Islam, begitu pula untuk merealisir ajarannya di tengah-tengah kehidupan umat manusia adalah merupakan usaha dakwah yang dalam keadaan bagaimanapun dan dimanapun harus dilaksanakan oleh umat Islam.
Penyelenggaraan usaha dakwah Islam, terutama di masa depan akan semakin bertambah berat dan kompleks. Hal ini disebabkan karena masalah-masalah yang dihadapi oleh dakwah semakin berkembang dan kompleks pula. Oleh karena itu dakwah yang dilakukan haruslah memiliki kunci untuk keberhasilan dakwahnya dan evalusi untuk terus elastis terhadap setiap dakwah yang dilakukan sampai seterusnya.
           Berdakwah merupakan kewajiban setiap muslim. setiap orang yang telah mengikrarkan 2 kalimat syahadat memikul tugas untuk menyampaikan kebenaran yang telah diyakininya kepada orang lain. Karena hakekat dakwah adalah menunjukan jalan menuju kebenaran. Ibarat seorang musafir tentu ia membutuhkan petunjuk dalam perjalanannya agar sampai di tujuan tanpa tersesat. Maka para rasul pun di utus ke bumi untuk menunjukkan umatnya jalan menuju kebenaran. dan kewajiban ini terus menerus dibebankan kepada umatnya setelah wafatnya.

JENIS DAN KARAKTRISTIK MEDIA MASSA





Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasanya yang yang dpat dilihat, didengar, dan dibaca, yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik maupun nonelektronik.
Informasi publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan Negara yang sesuai dengan undang-undang serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.
Media massa digunakan untuk menyampaikan informasi kepada publik secara terbuka dan bersamaan, menggunakan media cetak, elektronoik maupun internet. Media berbicara kepada masyarakat tidak hanya sebatas penyampaian informasi, tetapi juga dalam pembentukan opini, karenanya media masssa juga berfungsi sebagai sumber berita.
Sedangkan sebagai media komunikasi media memiliki peran penting  dalam kehidupan social, budaya, politik, serta ekonomi. Dan memiliki tanggung jawab dalam menjalankan fungsinya segai media informasi, pendididkan, hiburan, sekaligus kontrol dan perekat sosial.
Media memiliki banyak jenis, dan setiap jenis media memliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, diantaranya adalah;
1. Cetak
Kelebihan: Murah, dapat diakses oleh kalangan luas, tidak memerlukan peralatan, bersifat fleksibel, dapat digunakan untuk penyampaian berbagai jenis informasi, bias dibaca dimana saja dan kapan saja.

Managemen Sebagai Ilmu, Seni, dan Profesi





Manajemen sebagai ilmu pengetahuan yang secara sistematika digunakan memahaami mengapa dan bagai mana manusia bekerja sama untuk mencapai tujuan dan membuat system kerja sama ini lebih befrmanfaat  bagi kemanusiaan.
Menurut Joseph A. Devito, An Introduction, To Study off Comunication, 1990 yang dikutip oleh Onong Uchjana definisi komunikasi yaitu:
1.      Komunikasi massa adalah “komunikasi yang ditunjukan kepada khalayak, tapi tapi tidak meliputi seluruh penduduk”
·         Hanya pembaca atau penonton televisi.
2.      Komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan oleh pemancar audio atau audio visual
·         Radio, televisi dan surat kabar  dsb.
Ciri-ciri dan sifat media massa:
a.       Publikasi, untuk khalayak
b.      Universal, umum
c.       Periodik, berkala berkesinambungan
d.      Aktual, dapat dipertanggung jawabkan
e.       Harus dapat memenuhi criteria dan aturan yang ada, diperlukan pengetahuan untuk mencerna norma yang berlaku.
Fungsi media:
a.       Propaganda kegiatan sosial kemasyarakatan, p[ada keadaan tertentu
b.      Mengatur dengan sajian entertain
c.       Memberikan layanan konsultasi, dan bantuan perjuangan hak
d.      Membutuhkan pengetahuan memadai saat meraelsasikan  gagasan maupun ide
Manmajemen Sebagai Seni
Follet beranggapan manajemen adalah sebuah seni. Pemimpinan memerluksn karisma, stabilitas, emosi, kewibawaan, kejujuran, kemampuan menjalin hubungan antar manusia, yang semaunya itu banyak ditentukan oleh bKt seseorang dan sulit dipelajari.

Pengertian Media Cetak dan Elektronik



           Berita adalah laporan tentang suatu kejadian yang baru atau keterangan yang terbaru, tentang suatu peristiwa, fakta yang menarik perhatian atau gagasan yang perlu disampaikan kepada khalayak memlalui media massa. Dalam kegiatan penyiaran, berita merupakan salah satu program siaran faktual diantara sekian bentuk isi siaran yang disiarkan.
            Media elektronik menarik khalayaknya memberikan perhatian secara penuh karena apa yang disiarkannya tidak diulang. Media elektronik sejak awal sudah bersifat demokratis dengan khalayak masyrakat luas secara keseluruhan, bukan kalangan tertentu saja.  Media cetak merupakan suatu media yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pesan dari lembaran kertas dengan sejumlah kata, gambar atau foto dan halaman hitam-putih. Media cetak merupakan dokumen kehidupan atau rekaman peristiwa yang ditangkap oleh jurnalis dan diubah dalam bentuk kata-kata, gambar, foto, dan sebagainya.
            Media elektronik sangat dinamis, mempunyai peran yang besar dan luas sekali sebagai alat penyampaian informasi maupun sebagai alat komunikasi. Televisi dan radio hampir tersebar merata ke seluruh nusantara di pelosok pedesaan, dan wilayah terpencil. Dalam perkembangannya, media elektronik bukan merupakan  kebutuhan sekunder melainkan kebutuhan primer. Dengan demikian ini merupakan tantangan bagi media cetak untuk dapat bertahan pada era digital, tapi sesungguhnya masing-masing media sudah menguasai segment tinggal mempertahankan kreasinya.

PENGANTAR MANAJEMEN



1. Pengertian Manajemen
         George R. Terry(The Priciple Of Manajemen)
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya melalui usaha orang lain.
         Harold Koontz Dan Cyril D. Donnell
Manajemen adalah mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
         Prof. Dr. A. Sanusi, SH (Seminar Pendidikan Manajemen IKIP)
manajemen adalah merupakan suatu tingkah laku manusia yang kooperatif, yang di pimpin secara teratur melalui usaha yang terus menerus, yang merupakan tindakan yang rasional.

2. Siapa Yang Memerlukan Manajemen
            Manajemen dibutuhkan di mana saja orang-orang bekerja bersama (organanisasi) untuk mencapai suatu tujuan bersama.
Alasan utama diperlukannya manajemen :
          Untuk mencapai tujuan
          Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang
             saling bertentangan
         Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas
         Pengetahuan dasar manajemen dan mengetahui cara menerapkan pada situasi yang ada, dapat menghasilkan fungsi-fungsi manajerial yang efisien dan efektif.

Efisiensi : kemampuan menyelesaikan pekerjaan dengan benar.
Ø  Manajer efisien : mencapai keluaran yang lebih tinggi (hasil, produktivitas, performance) dibanding masukan-masukan (tenaga kerja, bahan, uang, mesin, dan watu)

Efektivitas : kemampuan memilih tujuan / peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan.
Ø  Manajer efektif : memilih perkerajaan yang dilakukan dengan metode (cara) yang tepat untuk mencapai tujuan.
Ø  Peter Drucker (Managing for Result,
Ø   Harper & Row , New York 1964)
Ø   Efektivitas adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right things).
Ø   Efisiensi adalah melakukan pekerjaan benar (doing things right).

3. Fungsi Universal Manajemen
Ø  Manajemen mempunyai fungsi Universal,  artinya fungsi-fungsi manajemen adalah sama di mana saja, dalam seluruh organisasi dan kapan saja, hanya penerapannya yang berbeda.
Ø  Komunikasi merupakan alat (tool) dari manajemen, dirancang untuk mencapai tujuan , tidak dinilai atas dasar hasil akhir dalam komunikasi itu sendiri.
Ø  Komunikasi merupakan proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain. 1

Jumat, 05 April 2013

POLA-POLA KENDALI YANG KOMUNIKATIF


Pengendalian lingkungan merupakan fungsi utama komunikasi. Penggunaan yang paling sering kita lakukan mengenai komunikasi ialah penggunaan kendali terhadap lingkungan sosial, yaitu untuk menghasilkan respon yang bisa diprediksikan dan yang kita inginkan dari orang lain. Kendali merupakan keahlian atau kecakapan sosial. Pola-pola respon pesan kita meliputi hubungan saling ketergantungan diantara manusia. Khusus mengenai Bab III ini disarikan dari BAB IV berjudul Patterns of Communicative Control dari buku Between People oleh Miller & Steinberg (1975).

Ada dua tipe pola yang penting bagi Palo Alto Group untuk menggambarkan pola interaksi hubungan. Tipe hubungan yang pertama; Jika dua orang saling merespon dengan cara yang sama, mereka dikatakan terlibat dalam sebuah hubungan simetris (symmetrical relationship). Pertentangan kekuasaan tepatnya seperti ini: Salah satu lawan bicara menonjolkan kendali; yang lain menanggapinya dengan memaksakan kendali juga. Orang pertama merespon lagi dengan cara yang sama, sehingga terjadilah pertentangan. Namun, hubungan simetris tidak selalu berupa pertentangan kekuasaan. Kedua pelaku dapat saja memberi tanggapan pasif, tanggapan balasan, atau malah keduanya bersikap saling menjaga.

Tipe hubungan yang kedua adalah pelengkapan (complementary).

Selasa, 02 April 2013

Berita Radio


Berita adalah informasi tentang sesuatu yang baru saja terjadi, nyata dan diperkirakan akan berdampak luas. Ini yang harus dibedakan dengan informasi. Bila kita menyebut informasi, itu tidak mesti baru, tapi berita pasti baru. Semua orang membutuhkan berita paling tidak tentang apa yang terjadi di sekelilingnya.

Program stasiun radio didominasi oleh unsur isi dan suara yang dikenal dengan sebutan format. Format siaran diwujudkan ke dalam berbagai bentuk prinsip-prinsip dasar tentang apa, untuk siapa, dan bagaimana proses pengolahan suatu siaran hingga dapat diterima oleh audiens. Format radio lebih menonjol pada acara musik atau hiburan karena banyak peminat, sehingga bentuk informasi dewasa ini dikemas dalam bentuk hiburan.

Berita radio ialah berita untuk “telinga” yang mudah memunculkan emosi. Suatu berita radio harus mengikuti rumus 5W1H (what, when, where, who, why, how). Berita radio harus ditulis berdasarkan prinsip ekonomi kata, singkat tapi jelas, sekilas atau sekali ucap cenderung tidak mengenal ralat, maka kalimat tetap terpelihara.

Berbeda dengan televisi, radio mengutamakan suara narasumber dan memerlukan efek suara dari lokasi peliputan. Efek suara bagi radio untuk meyakinkan pendengar mengenai apa yang terjadi. Dengan demikian, secara spontanitas pendengar berimajinasi seolah-olah ia menyaksikan kejadian itu.

Macam berita dan sumbernya

1. Berdasarkan masalah atau bidang

Semakin berkembangnya informasi yang diberikan media massa ke masyarakat atau semakin banyaknya permintaan masyarakat terhadap informasi yang mereka inginkan, berarti macam berita yang harus disajikan media massa juga akan bertambah.